Flaming Soccer ball Token Ring ~ Ricky TKJ-1
SEMOGA BERMANFAAT

Blogger templates

Senin, 22 Oktober 2012

Token Ring


1. Token Ring

Yaitu suatu topologi yang terdiri atas satu piranti jaringan yang bertindak sebagai konsentrator seperti hub atau switch yang bertugas untuk mengatur dan mengendalikan semua komunikasi data yang terjadi. Dalam topologi ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk satu pola lingkaran atau cincin. Setiap simpul yang terbentuk dalam topologi ini mempunyai kesamaan dimana selanjutnya jaringan akan disebut sebagai loop. Data atau informasi yang dikirim dari node lain akan didefinisikan oleh node yang bersangkutan, data akan diterima apabila data tersebut ditujukan ke node yang bersangkutan, Sebaliknya data akan diteruskan ke node jika alamat yang ditujukan oleh pengirim tidak dikenal.

2. Cara Kerja dan Media transmisi Token Ring

Cara kerja jaringan token ring, sebuah token bebas mengalir dalam jaringan itu. Jika suatu node ingin mengirimkan paket data, maka paket data yang akan dikirimkan ditempelkan pada token, kemudian token itu membawa paket data ke tujuan. Pada waktu token berisi data, node lain tidak dapat menggunakan token itu sampai token itu menyelesaikan tugasnya mengirimkan data. Bila paket data telah disampaikan ke tujuan, node pengguna tadi melepaskan token untuk dipakai oleh node yang lain. Cara kerja ini dinamakan token passing scheme.
Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin. Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing computer Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 1MBps, 4 Mbps atau 16 Mbps. Untuk mengkoneksikan station membutuhkan Multistation Access Unit (MAU). 

3.       Karekteristik Topologi Token Ring

  • ·         Addressing

Topologi ring membenarkan pengalamatan unicast, multicast dan broadcast. Setiap nod akan memeriksa alamat penerima pada frame yang mereka terima. 

  • ·         Antaramuka

Antaramuka untuk topologi ini adalah bersifat aktif, dimana setiap kali frame atau data melalui antaramuka, signal/data/frame akan di kuatkan semula supaya nod seterusnya akan menerima signal yang baik.

  • ·         Hubungan Point-to-Point

Dalam topologi token Ring, hubungan antara nod adalah point-to-point.

4.       Gambar Token Ring









0 komentar:

Posting Komentar